logo nougat

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 19 Oktober 2016, Google telah resmi merilis Android Nougat 7.1 Developer Preview. Bersamaan dengan itu, Android Studio juga mendapat update ke versi 2.2.2, dimana terdapat fitur baru yang telah mendukung pengembangan aplikasi untuk API 25 alias Android 7.1.

Untuk pengguna nexus yang ingin mencicipi Android 7.1, bisa melakukan enroll devices-nya di Android Beta Program, lalu check for updates, maka akan mendapat update dengan ukuran sekitar 1 GB. Devices yang didukung saat ini diantaranya adalah Nexus 6, Nexus 9, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, dan beberapa Android One.

check update

Setelah proses update selesai, maka akan muncul pesan bahwa kita sedang mengikuti Android Beta Program setiap menghidupkan device.

beta message about


Jadi kira - kira apa saja perubahan yang ada pada Android 7.1 ini?

Quick Toogle

Quick toogle madalah shortcut toogle yang muncul saat kita melakukan pull down pada layar. Pada android 7.1 ini jumlah quick toogle bertambah menjadi 6 buah setelah sebelumnya hanya 5 buah.

toogle

Tab Baru Di Menu Settings

Pada menu settings kini terdapat 2 buah tab, yaitu tab ALL yang berisi menu setting utama dan tab SUPPORT yang berisi seperti menu Customer Care.

ALL SUPPORT

Quick App Shortcut Saat Tap & Hold Icon App

Jika kita melakukan tap & hold di icon aplikasi, maka muncul pilihan shortcut untuk menggunakan fitur aplikasi tersebut. Fitur ini untuk sementara hanya ada pada beberapa aplikasi google, seperti camera, message, dan lain-lain.

shortcut

Insert Gif Di Message

Kini kita bisa mencari dan mengirim gambar berformat GIF langsung dari keyboard di aplikasi message bawaan android. Tentunya juga menggunakan keyboard bawaan android.

gif

New Move: Flip Camera

Ada setelan move baru, yaitu Flip Camera. Dengan move ini kita bisa switch kamera depan & belakang dengan cara melakukan ‘flip’ (ke kiri/ke kanan) sebanyak 2 kali.

flip camera

Bye Tombol Check For Update

Pada menu Settings > About > System Updates, kini tidak ada lagi tombol untuk melakukan check update secara manual. Kemungkinan update akan di check otomatis di background.

check update

Restart!

Sekarang kita bisa melakukan restart dengan mudah.

restart


Setelah rilis preview ini, google masih akan berencana mengeluarkan update pada bulan november diikuti final rilis ke Android Open Source Project (AOSP) pada bulan Desember. Awalnya akan tersedia pada Nexus 5X, Nexus 6P, dan perangkat Pixel C, kemudian Google akan memperpanjang Developer Preview ke perangkat lain pada bulan November.